Kamis, 31 Mei 2012

PERANAN & FUNGSI GURU MENURUT KTSP


KATA PENGANTAR
            Sebagai pengajar atau pendidik, guru merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan di dalam pendidikan. Itulah sebabnya setiap adanya inovasi pendidikan, khususnya dalam kurikulum dan peningkatan sumber daya manusia yang dihasilkan dari upaya pendidikan selalu bermuara pada faktor guru. Hal ini menunjukkan bahwa betapa eksisnya peran guru dalam dunia pendidikan.
            Demikian pun dalam upaya membelajarkan siswa guru dituntut memiliki multi peran sehingga mampu menciptakan kondisi belajar mengajar yang efektif, inovatif, dan menarik. Agar dapat mengajar dengan efektif, guru harus meningkatkan kesempatan belajar bagi siswa (kuantitas) mengajarnya. Kesempatan belajar siswa dapat ditingkatkan dengan cara melibatkan siswa secara aktif dalam belajar.
Sedangkan dalam meningkatkan kualitas dalam mengajar hendaknya guru mampu merencanakan program pengajaran dan sekaligus mampu pula melakukannya dalam bentuk interaksi belajar mengajar. Bagi guru sendiri keberhasilan tersebut menimbulkan kepuasan, rasa percaya diri, serta semangat mengajar yang tinggi.
Tulisan ini hanya sekedar berbagi pikiran berkenaan dengan tugas dan peranan guru dalam kurikulum KTSP dan dapat membaiknya profesi guru dimasa yang akan datang, baik itu mengenai tugas dan fungsi, tanggung jawab, kepribadian, profesionalisme maupun kode etik dan perlindungan hukum bagi guru.
Penulis menyadari bahwa tulisan ini banyak kesalahan dan kekurangan penulis mengingat keterbatasan waktu dan kemampuan penulis. Untuk itu tegur sapa, kritik dan saran sangat dinantikan dari pembaca.
Akhirnya penulis mengucapkan kepada semua pihak semoga tulisan ini dapat bermanfaat. Dan akhirnya saya ucapkan terima kasih kepada Bapak pengampu mata kuliah pengembangan kurikulum yaitu Prof. Mohammad Diah yang telah memberikan arahan kepada penulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar