Kamis, 31 Mei 2012

TEORI BELAJAR REIGELUTH


CARLES M. REIGELUTH
Translate By : MELATI
C. reigeluth memperoleh gelar B.A dengan predikat cum laude dalam bidang ekonomi di Harvard University pada tahun 1969. Kemudian ia memperoleh gelar Ph.D di bidang Psikologi Pembelajaran dari Brigham Young University pada tahun 1977. Dari tahun 1988 hingga saat ini ia adalah seorang Professor di Teknologi Sistem Pembelajaran, Indiana University Bloomington.
Reigeluth melibatkan diri dalam pelayanan dan riset untuk menentukan bagaimana sekolah, daerah dan masyarakat terlibat dalam mensukseskan proses perubahan metode pembelajaran yang terbaik untuk memenuhi kebutuhan individu pelajar. Riset terbarunya yaitu tentang menselaraskan dan mengintegrasikan system teknologi yang mendukung paradigma pendidikan yang berpusat pada pebelajar.

TEORI ELABORASI
Kognitivisme memiliki beberapa cabang ilmu, di antaranya teori asimilasi, atribusi, pertunjukkan komponen, elaborasi, mental model, dan pengembangan kognitif. Reigeluth dan rekannya di Indiana University pada tahun 1970-an memperkenalkan teori elaborasi. Teori elaborasi adalah teori mengenai desain pembelajaran dengan dasar argumen bahwa pelajaran harus diorganisasikan dari materi yang sederhana menuju pada harapan yang kompleks dengan mengembangkan pemahaman pada konteks yang lebih bermakna sehingga berkembang menjadi ide-ide yang terintegrasi. Konsep ini memiliki tiga kata kunci yang fokus pada urutan elaborasi konsep, elaborasi teori, dan penyederhanaan kondisi.
Pembelajaran dimulai dari konsep sederhana dan pekerjaan yang mudah. Bagaimana mengajarkan secara menyeluruh dan mendalam, serta menerapkan prinsip agar menjadi lebih rinci. Prinsipnya harus menggunakan topik dengan pendekatan spiral. Sejumlah konsep dan tahapan belajar harus dibagi dalam “episode belajar”. Selanjutnya siswa memilih konsep, prinsip, atau versi pekerjaan yang dielaborasi atau dipelajari.
Pendekatan elaborasi berkembang sejalan dengan tumbuhnya perubahan paradigma pembelajaran yang berpusat pada guru menjadi berpusat pada siswa sebagai kebutuhan baru dalam menerapkan langkah-langkah pembelajaran. Dari pikiran Reigeluth lahirlah desain yang bertujuan membantu penyeleksian dan pengurutan materi yang dapat meningkatkan pecapaian tujuan. Para pendukung teori ini juga menekankan pentingnya fungsi-fungsi motivator, analogi, ringkasan, dan sintesis yang membantu meningkatkan efektivitas belajar. Teori ini pun memberikan perhatian pada aspek kognitif yang kompleks dan pembelajaran psikomotor. Ide dasarnya adalah siswa perlu mengembangkan makna kontekstual dalam urutan pengetahuan dan keterampilan yang berasimilasi.
Menurut Reigeluth (1999), teori elaborasi mengandung beberapa nilai lebih, seperti di bawah ini :
·         Terdapat urutan pembelajaran yang mencakup keseluruhan sehingga memungkinkan untuk meningkatkan motivasi dan kebermaknaan.
·         Memberi kemungkinan kepada pelajar untuk mengarungi berbagai hal dan memutuskan urutan proses belajar sesuai dengan keinginannya.
·         Memfasilitasi pelajar dalam mengembangkan proses pembelajaran dengan cepat.
·         Mengintegrasikan berbagai variabel pendekatan sesuai dengan desain teori.
Teori elaborasi mengajukan tujuh komponen strategi yang utama, yaitu :
1.      Urutan Elaboratif
Urutan elaboratif didefenisikan sebagai suatu cara untuk menyederhanakan urutan yang kompleks diamana pelajaran yang pertama melambangkan ide-ide dan keterampilan yang mengikuti. Urutan elaboratif memiliki dua hal yang ada didalamnya yaitu : (1) Ide umum yang digambarkan tidak hanya meringkas ide yang ada. (2) Penggambaran (epitomize) dilakukan berdasarkan pada tipe materi tunggal.                                             
Penggambaran menyajikan bagian kecil ide yang telah dipelajari dalam kelas, menyajikannya secara konkrit, penuh arti, pada tingkat aplikasi. Dengan memperhatikan tipe materi tunggal, proses epitomizing dilakukan dengan salah satu dari tiga tipe materi : konsep, prosedur, dan prinsip.
Konsep adalah sekumpulan objek, peristiwa, simbol yang mempunyai karakter pasti. Mengetahui konsep berarti dapat mengidentifikasi, mengenal, mengklasifikasikan, menggambarkan sesuatu. Prosedur adalah kumpulan tindakan yang berpengaruh pada sesuaatu yang dicapai. Prinsip adalah mengenal hubungan antara perubahan pada sesuatu dan perubahan pada yang lain. Hal ini juga dinamakan hipotesa, proposisi, aturan, hukum tergantung jumlah bukti kebenarannya. Dari tiga tipe materi ini dipilih yang paling penting untuk mencapai tujuan umum dalam kelas. Untuk selanjutnya rangkaian elaborasi mempunyai karakterisasi : konseptual organisasi, prosedur organisasi, teori organisasi. Esensi proses epitomizing memerlukan :
(1). Menyeleksi salah satu tipe materi sebagai materi organisasi ( konsep, prinsip, prosedur )
(2). Membuat daftar pada materi organisasi yang telah dipelajari dalam kelas.
(3). Menyeleksi beberapa materi organisasi yang lebih mendasar, sederhana, dan fundamental.
(4). Menyajikan ide pada tingkatan aplikasi
2.      Urutan Prasyarat Belajar
Prasyarat belajar didefenisikan sebagai struktur yang menunjukkan konsep-konsep yang harus dipelajari sebelum konsep lain dipelajari. Rangkaian prasyarat belajar berdasarkan pada struktur belajar, atau hirarki belajar. Struktur belajar adalah struktur yang menunjukkan fakta atau ide yang harus dipelajari sebelum mendapatkan ide yang baru. Hal itu menunjukkan adanya prasyarat pada suatu ide. Prasyarat belajar dapat dianggap sebagai komponen kritis pada suatu masalah/ide. Komponen kritis pada prinsip tersebut adalah : konsep dan perubahan hubungan .
a. Komponen kritis pada konsep adalah :                                            
1). Mengenal atribut     
2). Hubungan diantaranya. 
b. Komponen kritis pada prosedur adalah
1). Langkah yang digunakan dalam deskripsi yang lebih detil pada tindakan .
2). Langkah yang digunakan dalam konsep yang berhubungan dengan tindakan
3.      Ringkasan / Rangkuman
Rangkuman merupakan tinjauan kembali terhadap materi yang telah dipelajari untuk mempertahankan retensi. Fungsi rangkuman untuk memberikan pernyataan singkat mengenai materi yang telah dipelajari dan contoh-contoh acuan yang mudah diingat untuk setiap konsep. Didalam pembelajaran sangat penting untuk meninjau secara sistimatik apa  yang telah dipelajari. Meringkas adalah komponen strategi yang memberikan :
a. Pernyataan singkat pada tiap masalah/ide dan fakta yang telah dipelajari
b. Contoh referensi untuk setiap masalah//ide
c. Beberapa diagnose, tes praktek untuk diri sendiri untuk tiap masalah / ide
Ada dua  macam ringkasan dalam  teori  elaborasi  : 1) Ringkasan internal, yang  datang  pada setiap akhir  pelajaran dan ringkasan hanya dari ide dan fakta yang telah  dipelajari .2) ringkasan eksternal,  ringkasan  dari  semua  fakta dan ide yang telah dipelajari sepanjang dalam kumpulan materi pelajaran yang dipelajari siswa.
4.      Sintesa.
Sintesa adalah komponen teori elaborasi yang berfungsi menunjukkan kaitan-kaitan di antara konsep-konsep, kumpulan prosedur, atau kumpulan prinsip. Dalam pembelajaran sangat penting menggabungkan dan menghubungkan materi/ide yang yang telah dipelajari seperti :
a. Memberikan macam-macam pengetahuan yang bernilai kepada pelajar .
b. Memberikan   fasilitas   pengertian  yang   mendalam  pada  individu  melalui      perbandingan dan perbedaan.
c. Menambah efek motivasi dan keberartian pada pengetahuan baru .
d. Menambah ingatan dengan menambah kreasi yang berhubungan pengetahuan baru  dan  diantara  pengetahuan  baru  dengan  siswa  yang  relevan dengan pengetahuan sebelumnya.
5.  Analogi
Analogi  adalah  komponen  strategi  yang penting dalam pembelajaran karena ini akan membuat lebih mudah untuk mengerti masalah/ide baru dengan  menghubungkannya dengan masalah / ide yang sudah dikenal. Analogi menggambarkan kesamaan antara beberapa masalah/ide baru dengan yang sudah  dikenal diluar materi yang diajarkan. Analogi menolong ketika ada masalah/ide yang  sukar untuk dimengerti, dengan menghubungkan materi yang sukar dan belum kita kenal ke pengetahuan yang sudah dikenal tetapi diluar materi yang diajarkan.
6.      Strategi kognitif
        Pembelajaran akan lebih efektif untuk memperluas kebutuhan siswa yang sadar atau tidak sadar menggunakan strategi kognitif yang relevan, karena bagaimana proses pemberian input pada siswa merupakan rangkaian yang penting dalam proses belajar. Strategi kognitif kadang-kadang dinamakan kecakapan umum yang meliputi kecakapan belajar dan kecakapan berfikir yang dapat digunakan secara menyeluruh pada materi, seperti mengkreasikan mental image dan mengenal analogi. Strategi kognitif dapat dan harus diaktifkan selama pembelajaran. Strategi ini meliputi pembelajaran dengan menggunakan gambar, diagram, mnemonic, analogi, dan peralatan yang mendorong siswa untuk berinteraksi dengan materi tertentu.


7.      Kontrol Belajar.
Kontrol belajar mengacu pada kebebasan pebelajar dalam melakukan pilihan dan pengurutan terhadap materi pembelajaran. Siswa diberi kebebasan dalam hal seleksi dan mengurutkan :
 a. Materi yang telah dipelajari
b. Peringkat yang akan dipelajari
c. Komponen strategi pembelajaran yang diseleksi dan urutan yang digunakan
d. Strategi  kognitif  khusus  siswa  yang  mengerjakan  ketika berhubungan dengan 
    pembelajaran.
Semua strategi itu harus berlandaskan pada materi dalam bentuk konsep, prosedur, dan prinsip. Hal itu terkait erat dengan proses elaborasi yang berkelanjutan, melibatkan siswa dalam pengembangan ide atau keterampilan dalam aplikasi praktis. Strategi ini memungkinkan siswa untuk menambahkan sendiri ide dalam menguatkan pengetahuannya.

APLIKASI TEORI ELABORASI
Teori elaborasi merupakan perluasan dari karya Ausubel dan Bruner yang memberikan  hasil yang lebih stabil dalam pembentukan struktur kognitif, dan karenanya retensi dan transfer yang lebih baik, meningkatkan motivasi pelajar melalui penciptaan konteks belajar bermakna, dan penyediaan informasi tentang konten yang memungkinkan control pelajar. Teori elaborasi berlaku untuk desain pembelajaran untuk domain kognitif. Kerangka teoritisya telah diterapkan ke sejumlah pengaturan dalam pendidikan tinggi dan pelatihan. Teori belajar ini diterapkan dalam model pembelajaran elaborasi yang telah banyak digunakan dalam proses pembelajaran.

1 komentar: