TUGAS INDIVIDU
PROPOSAL TESIS
PENGARUH PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DAN
KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA
SISWA KELAS IV SD NEGERI 011
KEC. RAMBAH HILIR
ROKAN HULU
Untuk memenuhi tugas pada mata kuliah
PENELITIAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
Dosen Pengampu
Dr. Indrati Kusumaningrum, M.Pd
Oleh :
MELATI
NIM. 1109863
PROGRAM PASCA SARJANA
FKIP-UR KERJASAMA UNP PADANG
PROGRAM STUDI : TEKNOLOGI PENDIDIKAN
2012
DAFTAR ISI
BAB I. PENDAHULUAN…………………………………………………………….…1
A. Latar Belakang Masalah……………………………………………………………1
B. Identifikasi Masalah……………………………………………….……………….3
C. Pembatasan Masalah………………………………………………………….…….3
D. Rumusan Masalah…………………………………………..………………………5
E. Tujuan Penelitian……………………………………………………………………5
F. Manfaat Penelitian………………………………………………………………….6
BAB II. KAJIAN PUSTAKA
A. A. Landasan Teori
1. Hasil Belajar ……………………………………..…………………………….7
2. Pembelajaran Matematika di SD...……………………………………………11
3. Pembelajaran Konvensional…………………………………………………...14
4. Metode Penemuan Terbimbing………..………………………………………15
5. Kecerdasan Emosional………………………………………………………...20
B. B. Kerangka Pemikiran
1. Pengaruh Penggunaan Metode Penemuan Terbimbing
Terhadap Hasil Belajar...............…………………………………...…….….22
2. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar.................................28
3. Interaksi antara Penggunaan Metode Penemuan Terbimbing
dan Kecerdasan Emosional……………………………………………........29
C. Hipotesis...........................................................................................................3
BAB III. METODOLOGI PENELITIAN
A. Jenis Penelitian…………………………………………………………………….32
B. Populasi dan Sampel…………………………………………………………….…32
C. Defenisi Operasional…………………………………………………………….…33
D. Pengembangan Instrumen………………………………………………………….34
E. Teknik Pengumpulan Data……………………………………………………...…40
F. Teknik Analisis Data……………………………………………………………….42
DAFTAR RUJUKAN……………………………………………………………………45
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Matematika sebagai salah satu bidang ilmu dasar mempunyai peranan penting dalam dunia pendidikan, karena pelajaran matematika merupakan salah satu sarana dalam membentuk siswa berfikir secara ilmiah. Fungsi matematika di sekolah adalah sebagai salah satu unsur masukan instrumental yang memiliki objek dasar, berdasarkan kebenaran konsisten dalam proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan pendidikan. Pentingnya penguasaan terhadap mata pelajaran matematika memberikan andil bagi pencapaian tujuan pendidikan secara umum melalui pembentukan manusia yang mampu berpikir logis, sistematis dan cermat serta berfikir objektif dan terbuka dalam menghadapi berbagai permasalahan.
Menyadari pentingnya pembelajaran matematika, maka perlu mendapat perhatian yang sungguh-sungguh untuk meningkatkan mutu pendidikan Matematika terutama pada pendidikan dasar. Tujuan pembelajaran matematika adalah untuk mengembangkan kemampuan bernalar melalui kegiatan penyelidikan, eksplorasi, dan eksperimen, sebagai alat pemecahan masalah melalui pola pikir dan model matematika serta sebagai alat komunikasi melalui tabel, symbol, grafik dan diagram dalam menjelaskan gagasan (BSNP, 2006).
Peningkatan mutu pendidikan matematika ditandai dengan peningkatan hasil belajar matematika yang ditentukan oleh proses dan hasil pembelajaran matematika. Keberhasilan pembelajaran matematika dipengaruhi oleh berbagai faktor antara lain guru sebagai subjek yang berperan dalam usaha membelajarkan siswa dan siswa sebagai objek yang menjadi sasaran pembelajaran matematika.
Selengkapnya baca disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar